Rabu, 13 Mei 2009

Pengertian Management

BEBERAPA DEFINISI MANAGEMENT

1. Menurut Bahasa

Management berasal dari kata manage yang bisa diartikan secara langsung dengan kelola atau mengelola.

Kata Manajemen itu sendiri berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

2. Definisi Manajemen secara umum

Suatu metode/teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara sistematik dan efektif, melalui tindakan-tindakan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengawasan (Controlling) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efisien

3. Management secara sederhana

Manajemen merupakan suatu proses yang dinamis yang menggerakan organisasi mencapai tujuannya. Secara sederhana manajemen merupakan tindakan atau seni perencanaan, mengatur, pengarahan dan pengawasan.
Uraian definisi komponen-komponen manajemen adalah sebagai berikut :

1) Planning

2) Organizing

3) Directing

4) Controlling

6) Development

7) Compensation

9) Training

10) Evaluasi

4. Mary Parker Follet,

Mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

5. Ricky W. Griffin

mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

6. Menurut Peter Drucker

Management diperlukan oleh sebuah organisasi agar pencapaian tujuan dapat berjalan Efektif (mengerjakan sesuatu dengan tepat yg berorientasi pada hasil) dan Efisien (mengerjakan sesuatu dengan benar yang berorientasi pada biaya).

7. Definisi Manajemen (Stoner)

Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi lainnya, agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

8. Definisi Menurut (Bag Bage)

Suatu cara untuk mendapatkan efisiensi

9. Definisi Manajemen (Koonentz & Donnel )

  • Menitikberatkan pada pemenfaatan orang-orang dalam mencapai tujuan
  • Agar tujuan dapat dicapai orang-orang tersebut harus mempunyai tugas, tanggung jawab dn wewenang yang jelas (job description)

10. Dalam sebuah Encyclopedia Amerika,

Istilah manajemen berbunyi “the art of coordinating the elements of factors of production towards the achievement of the purposes of an organization”. Pencapaian sasaran organisasi terjadi melalui penggunaan manusia (men), bahan produksi (materials), dan mesin (machines). Dengan demikian, ketiga unsur (manusia, materials, machines) merupakan proses koordinasi dan teintegrasinya berbagai sumberdaya organisasi dalam upaya tercapainya sasaran organisasi.

11. Menurut Hendry Fayol

Management adalah administrasi yang pada arahnya management itu meliputi perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, disiplin dan koordinasi.

12. Definisi Management (Lawrence A. Appley)

Manajemen : “keahlian untuk menggerakan orang untuk melakukan suatu pekerjaan” (the art of getting thing done through people)

13. Menurut Dwaig waldo

Management adalah tidakan untuk memperoleh kerjasama yang rasional dalam suatu system administrasi

14. Oey Liang Gie, Guru besar manajemen UI

Manajemen : “seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan dari pada “human and natural resources” untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu

15. Definisi Manajemen (Fayol)

Sebagai Fungsi-fungsi untuk merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sesuatu.

16. George R. Terry, Ph.D

Manajemen sebagai “proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerkan dan pengawasan yang dialkukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain”.

17. Ir. Firman Widodo, MM

Management ialah mencapai tujuan melalui orang lain. Definisi Manajemen Konstruksi ialah mencapai tujuan proyek konstruksi melalui institusi (tim) yang terlibat dalam proyek yaitu : Owner dan tim nya, Konsultan Perencana (Arsitektur, Struktur, Mekanikal, Elektrikal, dll, Konsultan QS, dll) dan Kontraktor / Supplier.

18. Menurut matias aroef

Management adalah mengatur penggunaan sumber-sumber yang dapat disediakan untuk mencapai tujuan, penyediaanya melalui orang-orang yang diikut sertakan dalam penggunaan sumber-sumber itu.

B. Filsafat manajemen

Berbagai teori manajemen berdasar pada filsafat dibawah ini antara lain :

1. filasafat idealisme (suatu keadaan yang amat sempurna yang menjadi pola dari segala sesuatu yang kita dapati didunia ini), filsafat ini diterapkan dalam manajemen marxis dan codetermination yang popular di Negara sosialis, jerman dan skandinavia.

2. filsafat realisme (dunia ini dan segala sesuatu yang terdapat didalamnya adalah kenyataan yang tidak dapat dibantah), filsafat ini beriringan dengan revolusi industri inggeris yang disusun Frederick W. taylor.

3. Filsafat neo-thomisme ( kenyataan itu rasio, keadaan, dan Tuhan sedangkan kebenaran adalah intuisi, segala sesuatu yang masuk akal dan yang diwahyukan Tuhan) banyak dipraktikan oleh manajemen katholik yang merujuk pada bible

4. filsafat pragmatisme (pengalaman dan segala sesuatu yang dapat dialami oleh manusia, keberanaran dapat dilihat dari pendapat umum) yang banyak merujuk pada manajemen yang berlaku umum mellaui opini public.

5. filsafat eksistensialisme (kenyataan adalah eksistensi atau keadaan yang menyerupai itu, kebenaran adalah pendapat yang sejalan dengan pandangan pribadi seseorang), peran manusia menjadi perhatian utama.

PRAKTIK MANAJEMEN

Aplikasi dari filsafat melahirkan beeberapa tahapan penerapan manajemen sebagaimana yang diungkapkan George R. Terry (2006:67) membagi tahapan praktik manajemen antara lain :

1. Manajemen partisipasi

2. Manajemen berdasarkan hasil (result management)

3. Manajemen memperkaya pekerjaan (job enrichment),

4. Manajemen prioritas produktifitas,

5. Manajemen berdasarkan kemungkinan (contingency management)

6. Manajemen pemanfaatan konflik

Odiorne membagi praktek manajemen dengan beberapa tahapan :

1. Manajemen memaksa (1920-an dan 1930-an)

2. Manajemen mementingkan hubungan kemanusiaan (1940-an)

3. Manajemen menggunakan tekanan (1950-an)

4. Manajemen menurut keadaan (1960-an)

Bennet Silalahi (2001:10) membagai praktik manajemen menjadi 5 tahapan antara lain :

1. manajemen teknologis

2. manajemen administratif

3. manajemen sistem kemanusiaan

4. manajemen ilmiah

5. manajemen sasaran dan hasil

4. Pengertian Didalam Management

· Manajemen sebagai ilmu pengatahuan (management as a science) adalah bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat dan matematika.

· Manajemen sebagai suatu sistem (management as a system) adalah kerangka kerja yang terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara keseluruhan saling berkaitan dan diorganisir sedemikian rupa dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

· Manajemen sebagai suatu fungsi (management as a function) adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.

· Manajemen sebagai suatu proses (management as a process) adalah serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia.

· Manajemen sebagai suatu profesi (management as a profession) adalah suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu, antara lain profesi di bidang kedokteran, bidang teknik dan bidang hokum.

· Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan bawah.


Trimakasih telah membaca. smoga hal yang dapat saya tulis ini dapat bemanfaat bagi anda. kritik dan saran dari anda sangat bermanfaat bagi saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar